Training Syllabus:

EMOTIONAL INTELLIGENCE

 

 

PENDAHULUAN :

Pelatihan selama 3 hari ini berfokus pada peningkatan kompetensi emotional intelligence personal skills dan emotional intelligence interpersonal skills. Peserta akan belajar cara mencerdaskan emosi diri sendiri untuk mengelola sisi dalam diri sendiri, dan juga mencerdaskan emosi diri sendiri untuk menghadapi orang lain dengan sikap baik. Materi untuk personal skills terdiri atas kompetensi untuk memahami diri sendiri, kesadaran diri, manajemen diri, motivasi diri, penanganan rasa takut,  peningkatan kualitas integritas diri, pembentukan kualitas moral positif, sikap positif, penanganan rasa marah, dan lain sebagainya yang terkait untuk mengelola sisi dalam diri sendiri. Materi untuk interpersonal skills terdiri atas kompetensi interaksi dan komunikasi dengan orang lain, kesadaran sosial, kecerdasan sosial, empati, toleransi, pengaruh, dan lain sebagainya yang terkait dalam berhubungan dengan orang lain.

TUJUAN TRAINING:

1.    Membangun kompetensi kecerdasan emosional dari sisi keterampilan pribadi. Peserta akan mendapatkan cara melakukan perubahan perilaku untuk menunjukkan atau merawat emosional diri sendiri. Tujuan lain dari pelatihan ini adalah memungkinkan peserta untuk berpikir tentang interaksi masa depan mereka dengan cara baru, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari kehidupan.

2.    Memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran kepada karyawan untuk memiliki empati dan perilaku kerja yang etis dalam integritas diri yang diperkaya oleh kecerdasan emosional dari sisi interpersonal atau hubungan antar pribadi.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

HARI 1/DAY 1

SESI: ENERGIZER

Sub Bahasan

           Ice breaking/yel-yel

           Motivasi

           Penjelasan tentang kegunaan dan manfaat pelatihan

           Memahami konsep adult learning

MATERI PELATIHAN PERSONAL SKILLS

SESI 1: SELF-AWARENESS

Sub Bahasan

         Perilaku dan ciri orang dengan kesadaran diri

         Siklus perilaku pikiran, perasaan dan implikasinya

         Jujur dan akurat dalam mengukur kesadaran

         Sadar untuk memahami nilai, tujuan, motif, emosi dasar

         Memahami diri sendiri dan meningkatkan kualitas diri

         Meningkatkan harga diri Anda

         Menganalisis dan menyeimbangkan kehidupan untuk memastikan tidak ada yang diabaikan

 

SESI 2: SELF MOTIVATION

Sub Bahasan

         Orang-orang sukses selalu lebih termotivasi daripada yang lain

         Mentalitas untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan

         Keberanian dan keunggulan orang-orang sukses dalam sejarah

         Membuat diri Anda selalu termotivasi

         Berani untuk keluar dari zona kenyamanan Anda

         Berani bertindak untuk perubahan

         Teknik dan cara memotivasi diri sendiri

         Disiplin dan motivasi untuk sukses

 

SESI 3: SELF-MANAGEMENT

Sub Bahasan

         Manajemen diri melalui prinsip dan nilai kehidupan positif

         Mencegah masuknya nilai-nilai negatif ke pikiran bawah sadar

         Meningkatkan kualitas diri melalui manajemen waktu

         Work life balance

         Manajemen kesehatan diri

         Moral hazard

         Manajemen sikap positif

         Cara menggunakan mentalitas positif

         Visualisasi dan internalisasi kata-kata positif

         Manajemen hati nurani

         Cara mengotomatisasi berpikir positif di dalam diri

         Penanganan reaksi emosional

         Akar penyebab reaksi dan artinya bagi Anda

         Cara mencari dan memberikan dukungan

         Strategi terbaik untuk menangani perlawanan orang lain untuk pertumbuhan Anda

 

SESI 4: ANGER MANAGEMENT

Sub Bahasan

         Memahami bahaya emosi marah untuk kemajuan karir

         Urutan peristiwa yang menyebabkan agresi atau marah

         Cara mengontrol kemarahan

         Permintaan maaf dan kekuatan pengampunan

HARI 2/DAY 2

SESI 5: HANDLING FEAR

Sub Bahasan

         Mengatasi takut karena konflik, kehilangan identitas, kurangnya keamanan

         Menggunakan rasa takut sebagai alat motivasi

         Jenis ketakutan dan cara menanganinya

         Mengelola emosional takut melalui kepercayaan diri

         Akar penyebab takut dan artinya bagi kemajuan diri

         Membangun ketahanan diri untuk mengatasi rasa takut

 

SESI 6: SPIRITUAL QUOTIENT ( SQ) DAN INTEGRITAS PRIBADI

Sub Bahasan

         Kekuatan rasa syukur dan terima kasih

         Melayani perusahaan dengan hati

         Pengabdian dan kontribusi

         Membangun rasa cinta kepada perusahaan

         Kejujuran

         Keterusterangan

         Tanggung jawab

         Kedewasaan

         Kepercayaan

         Kesetiaan

         Kerja keras

         Anti korupsi

 

 

SESI 7: SOCIAL INTELLIGENCE

Sub Bahasan

         Memahami apa itu kecerdasan sosial

         Mengendalikan sinyal emosional sosial dari stakeholders

         Memahami penularan emosi sosial di tempat kerja dan dikehidupan sosial Anda

         Emosi stakeholders dalam hubungan sosial dengan perusahaan

         Memahami kegagalan komunikasi sosial

         Kekuatan pengetahuan  etika sosial

         Kesadaran emosional sosial

         Diversity/ keragaman

 

SESI 8: SOCIAL AWARENESS

Sub Bahasan

         Memahami apa itu kesadaran sosial

         Cara membangun hubungan baik

         Membebaskan emosi diskriminasi

         Kehidupan yang saling bertanggung jawab

         Cara mencapai perhatian bersama

         Psikologis kontak mata

         Perilaku etis adalah modal sosial

         Cara bereaksi terhadap orang-orang yang mengekspresikan emosi negatif dan implikasinya

HARI 3/DAY 3

SESI 9: EMPATI DAN TOLERANSI DALAM PEKERJAAN

Sub Bahasan

         Cara menampilkan empati dalam pekerjaan dan kehidupan

         Cara menampilkan simpati dan toleransi

         Menggunakan empati untuk kolaborasi kerja

         Empati untuk memahami orang lain

         Empati untuk melayani perusahaan

         Empati untuk memahami keinginan orang lain

         Disiplin dan integritas menghasilkan empati

         Batas-batas empati dan toleransi di tempat kerja

         Empati dan toleransi dalam memperkuat soliditas kerja

         Empati untuk membantu staf, pimpinan, nasabah, dan stakeholders lainnya.

         Teknik verbal atau nonverbal yang cocok untuk menunjukkan empati

         Berkomunikasi dengan empati dan membuat komunikasi itu empatik

 

SESI 10: KECERDASAN EMOSI DALAM KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL

Sub Bahasan

         Pemahaman dasar komunikasi verbal dan non verbal

         Cara berbicara dengan emosi cerdas

         Cara menulis surat atau email dengan emosi cerdas

         Cara mendengarkan dengan emosi cerdas

         Cara membaca dengan emosi cerdas

         Cerdas emosi dalam mengatur alur, akting, karakter, ekspresi, dan sifat dalam komunikasi

         Mempermudah proses penyampaian pesan inti dalam komunikasi

         Cerdas berkomunikasi secara persuasi dengan mengikuti aturan dan etika

         Bahasa tubuh yang cerdas emosi

         Sentuhan komunikasi dalam tata krama

         Memahami kekuatan parabahasa dalam interaksi dan komunikasi

         Penampilan fisik

 

SESI 8: PENGARUH DARI LUAR DIRI DAN DAMPAKNYA DALAM MENGELOLA KECERDASAN EMOSI DIRI

Sub Bahasan

         Memahami peran dan jenis pengaruh

         Menentukan kekuatan pengaruh

         Taktik persuasi untuk pengaruh

         Memahami risiko pengaruh menular dalam kerumunan

         Pedoman perilaku pengaruh

         Menggunakan pengaruh untuk merubah perilaku

         Menggunakan pengaruh untuk merubah risiko menjadi peluang

         Karakteristik orang-orang berpengaruh

 

SASARAN PESERTA:

 

METODE TRAINING:

Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

 

INSTRUCTOR : Ir. Wilbert,CBA,CPHR,CHt

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION : 3 days

 

TRAINING TIME :

1. 31 Jan 2018-02 Feb 2018

2. 21 Feb 2018-23 Feb 2018

3. 21 Mar 2018-23 Mar 2018

4. 18 Apr 2018-20 Apr 2018

5. 30 May 2018-01 Jun 2018

6. 04 Jun 2018-06 Jun 2018

7. 18 Jul 2018-20 Jul 2018

8. 29 Aug 2018-31 Aug 2018

9. 19 Sep 2018-21 Sep 2018

10. 31 Oct 2018-02 Nov 2018

11. 21 Nov 2018-23 Nov 2018

12. 19 Dec 2018-21 Dec 2018

 

 

INVESTMENT/PERSON :

1.    Rp. 5.950.000/person (full fare) or

2.    Rp. 5.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or

3.    Rp. 5.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

1.    Training Module

2.    Flash Disk contains training material

3.    Certificate

4.    Stationeries: NoteBook and Ballpoint

5.    T-Shirt

6.    Backpack

7.    Training Photo

8.    Training room with Full AC facilities and multimedia

9.    Lunch and twice coffeebreak every day of training

10. Qualified Instructor